by

Fenomena Aneh, Ganti No HP Anggota DPRD Jatim

SIDOARJO – Di sela peringatan Dirgahayu MAKINews.id dan MAKINews TV hari ini, 20 Januari 2023, muncul fenomena aneh yaitu banyaknya nomor handphone anggota DPRD Jatim yang mengalami kematian suri dan berubah ke nomer handphone yang baru. Hal ini sangat jelas terlihat pasca penggeledahan yang dilakukan KPK dinihari kemarin di rumah Ketua DPRD Jatim, Wakil DPRD dan kediaman mantan PJ Sekdaprov Jatim, Wahid Wahyudi.

“Dinamakan aneh ketika ada perubahan frontal perilaku disertai perubahan nomer handphone,” canda Heru MAKI—sapaan Heru Satriyo, Ketua LSM MAKI Koorwil Jawa Timur.

Semakin jelas terlihat bagaimana gampangnya menarik benang merah pasca tindakan penggeledahan dan OTT oleh KPK dengan berubahnya nomor handphone tersebut. “Saya dikritik orang, kenapa mempermasalahkan nomor handphone yang sifatnya pribadi, dan saya jawab kalau tidak ada apa-apa, kenapa harus ganti karena anggota dewan itu sangat erat korelasinya dengan konstituen, dan mereka ini menjabat wakil rakyat, bolehlah saya sebagai rakyat menanyakan,” kelakar Heru MAKI dengan senyum lebar.

Berkenaan dengan penggeledahan yang telah dilakukan KPK dini hari kemarin di rumah Ketua DPRD Jatim, MAKI Jatim berpendapat bahwa sebenarnya dari awal, giat penggeledahan itu pasti akan dilakukan sebagai bentuk aplikasi pengembangan kasus yang telah menjerat SHT.

“Dalam session wawancara dengan MAKINews, saya sudah sampaikan adanya pengenaan pasal 55 ayat 1 dan 2 KUHP, artinya ada kemungkinan peran yang lain terkait pola korupsi yang sama tersebut,” ungkap Heru MAKI.

Penggeledahan KPK di rumah mantan PJ Sekdaprov Jatim inilah yang sangat menarik untuk dicermati, mengingat bahwa ada dua jenis hibah, yaitu hibah yang dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan hibah yang pengelolaan pengajuan penerimanya diserahkan ke DPRD Jatim.

MAKI berpendapat seharusnya pasca kedatangan KPK di kantor Bappeda Jatim, penggeledahan harusnya intensif dilakukan di ruangan yang berada pada kantor Bappeda Jatim, karena berbicara penganggaran menjadi domain Bappeda Jatim.

“Saya berharap fenomena perubahan nomor handphone tersebut tidak diikuti oleh pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Jatim karena akan sangat berimbas pada ritme sebagai pelayanan masyarakat,” harap Heru MAKI.

Penggeledahan dilakukan di rumah kediaman:

1. Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim yang beralamat di Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya

2. Rumah kediaman Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim yang beralamat di Sukodono, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

3. Rumah kediaman anggota DPRD Provinsi Jatim yang beralamat di Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur

4. Rumah kediaman Kepala Bappeda Prov Jatim.(bud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed