by

MAKI Jatim: Selamat Pak Aries Paewai Sebagai PJ Walikota Batu 2023-2024

SURABAYA – Kota Batu akan segera memiliki pemimpin baru, setelah sebelumnya belum kunjung ada kejelasan. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, membeberkan nama yang akan menjadi Penjabat (Pj) Walikota Batu untuk periode 2022 hingga 2024.

Surat Keputusan (SK) Mendagri Muhammad Tito Karnavian yang bernomor 100.2.1.3 – 6344 Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Batu, memberi satu nama yaitu Aries Agung Paewai S.STP MM sebagai Pj Walikota Batu.

“Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal pelantikan. Masa jabatan walikota paling lama satu tahun sejak tanggal pelantikan,” jelas Tito Karnavian melalui SK tertanggal 27 Desember 2022.

Diketahui sebelumnya, Aries Agung merupakan kepala BPSDM Jawa Timur (Jatim). Menurut informasi yang beredar jika tidak ada perubahan Aries secara resmi dilantik sebagai Pj Walikota Batu oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pads Kamis, 19 Januari 2023. Pelantikan tersebut akan berlangsung di Gedung Grahadi Surabaya

Tito lebih lanjut menerangkan bahwa Wali Kota Aries berkewenangan penuh sebagaimana walikota definitif sebelumnya. Diantaranya, pengisian jabatan dan mutasi pegawai. Di samping itu dapat membatalkan perizinan yang telah ditetapkan oleh walikota sebelumnya dan mengeluarkan perizinan yang sifatnya berbeda dengan pejabat sebelumnya.

“Untuk rancangan peraturan daerah (Perda) dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) harus melalui persetujuan menteri dalam negeri,” imbuh Tito.

Di sisi lain, Aries Agung Paewai saat dihubungi melalui WhatsApp tidak menanggapi pertanyaan yang diajukan. Dia meminta terkait SK tersebut agar menunggu pelantikan dari gubernur Jatim.

“Saya belum dilantik, jadi maaf dengan tidak mengurangi rasa hormat saya. Tidak enak mendahului Ibu Gub. Nunggu saja ya, makasih salam hormat,” jelasnya pada Selasa (17/01/2023) sore. 

Sementara itu Ketua LSM MAKI Koorwil Jawa Timur, Heru Satriyo, menyampaikan akan hadir pada pelantikan Aries Agung Paewai. “Insya Allah sesuai info dari Pak Aries, pelantikan PJ Walikota Batu akan dilaksanakan pada 19 Januari 2023 langsung oleh Ibu Gubernur Jawa Timur dan secara khusus saya akan hadir dalam pelantikan PJ Walikota Batu,” kata Heru MAKI-saapaan Heru Satriyo.(bud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed