by

Pertama Kali, One Stop Service Perjalanan Umrah Hadir di Mall

SURABAYA – Untuk pertama kalinya, pusat pelayanan ibadah umrah hadir di Mall, tepatnya di Marvell City, Surabaya. Adalah TRAVELMart Indonesia, yang sudah dilangsungkan soft openingnya pada pada Senin (24/10/2022).

“Kami akan membuat ini sederhana, komunikatif dan bekerjasama dengan semua pihak, hasilnya bisa memberikan layanan terbaik bagi calon jemaah,” kata Direktur TRAVELMart Guntur di hadapan awak media.

Sekadar diketahui, TRAVELMart adalah wadah bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIH) yang akan membantu mereka dalam mengurus administrasi pemberangkatan jemaah. Lembaga itu akan membantu melayani berbagai kelengkapan administrasi, sehingga biro perjalanan umroh bisa lebih mudah dalam memberangkatkan jemaahnya.

“Kita mewadahi dan ekosistem ini ada 19 travel umroh, dan disini ada semua fasilitas pengurusan umroh seperti penyelenggaraan vaksin meningitis, pengurusan imigrasi dan info lainnya,” tambahnya.

General Manager Marvel City Samuel menjelaskan, kedepan TRAVELMart menargetkan memperluas pelayanan bagi jemaah umroh di Jatim. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, nantinya ada puluhan sampai ratusan travel perjalanan umroh yang akan bergabung dengan TRAVELMart, agar kemudahan bagi jemaah bisa lebih diperluas.

“Kapasitas fisik memang baru 19, tetapi apakah kita mampu nanti melayani ratusan, bisa. Karena pada tahap dua ada layanan yang disebut virtual office. Jadi travel luar kota bisa mendapatkan fasilitas TRAVELMart yang penting sudah menjadi member,” jelasnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Dr. H. Abdul Haris Hasan, M.Pd.I., mengatakan, dibukanya one stop center perjalanan umroh oleh TRAVELMart itu akan memudahkan jemaah menjalankan ibadah umroh dan haji.

“Pasca pandemi ini ada terobosan luar biasa di Jawa Timur, yang pertama kemarin kebijakan satu pintu pemberangkatan ibadah umroh kita bisa buka untuk bandara Juanda. Karena selain efektif dari sisi waktu juga anggaran dana,” katanya.

Pasalnya, jemaah akan diberi kemudahan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, ketika mereka mau ibadah umroh. “TRAVELMart bisa menyiapkan informasi bagi jemaah dengan memberikan wadah bagi PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh),” katanya.

Menurut dia, setelah pandemi Covid 19 reda, jumlah warga Jatim yang ingin berangkat menjalankan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah, terus meningkat. Kini, dalam sepekan ada 15 sampai 16 penerbangan yang mengangkut jemaah umroh dari Bandara Juanda, Surabaya ke Mekkah Arab Saudi.

“Ternyata sekarang sudah mencapai 15 sampai 16 penerbangan. Dan pernah 20 flight dalam satu pekan. Hampir separuh memang dari Jawa Timur, yaitu sekitar empat ratus ribu atau 500 ribu jamaah. Dan memang sempat ada kendala, yaitu ketersediaan vaksin meningitis yang pernah hilang dari peredaran, namun kini sudah mulai lancar,” katanya.

Informasi terkait ketersediaan vaksin meningitis tersebut, direspon oleh aktivis perempuan yang juga Sekretaris MUI Jatim, ning Lia Istifhama.

“Dengan adanya travelmart Indonesia, maka diharapkan ini menjadi salah satu wadah sentral informasi yang obyektif dan akurat sehingga memberi kemanfaatan bangi masyarakat, contohnya terkait vaksin meningitis. Dalam hal ini, bagaimana agar tidak terjadi panic bullying, atau sebuah kondisi dimana calon jamaah ingin segera divaksin sedangkan perjalanan masih lama, padahal seharusnya vaksin dipenuhi oleh jamaah yang hendak berangkat dalam waktu segera.”

Tak lupa, doctoral Ekonomi Islam UINSA tersebut, dalam sambutannya juga menerangkan apresiasinya pada Travelmart Indonesia.

“Hadirnya Travelmart Indonesia sebagai mall pertama yang menjadi sentralisasi atau one stop service dalam teknis pelayanan perjalanan umroh, patut diapresiasi karena ini menjadi ekosistem service yang memberikan atensi pada masyarakat muslim yang sangat menncintai Ibadah umrah dan tentu ingin mendapatkan kemudahan di dalam proses persiapannya.”

“Tentu, langkah inovatif ini diharapkan diikuti dengan segala indikator dan strategi yang takut lepas dari analisa SWOT, serta mampu mensinergikan keterlibatan multipihak atau para stakeholder dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.”

Di akhir, ia pun menyematkan pantun: “Untuk para calon jamaah ibadah umroh dan traveler:
Jangan ragu jangan gelisah, Karena kini telah hadir Travelmart Indonesia.”

Acara soft opening tersebut itupun, dihadiri beberapa pihak lainnya, selain Ronny yang merupakan Direktur Utama PT Assa Land (Marvell City), juga dihadiri oleh Direktur RS Sheila Medika dr Benjamin, MARS., dan juga Heru Satriyo (MAKI). (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed