by

MAKI: Muka Tebal Lili Pintauli Siregar Jadi Tertawaan Dunia

JAKARTA – Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyindir Lili Pintauli Siregar, Wakil Ketua KPK sebagai ‘muka tebal’ setelah kasus pelanggaran etiknya disorot oleh Amerika Serikat melalui Laporan Praktik Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. 

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan kepada wartawan pada Jumat, 15 April 2022, “Muka tebal Lili Pintauli Siregar jadi tertawaan dunia internasional karena sudah dihukum bersalah melanggar kode etik tapi masih berulang melakukannya lagi.”

Menurut Boyamin, Amerika Serikat pasti telah menyoroti Lili karena dianggap tidak lazim bahwa seorang pejabat negara melanggar kode etik tetapi tidak mundur dari posisinya. Terutama karena Amerika Serikat merupakan negara maju dan memiliki integritas tidak melanggar kode etik.

“Amerika Serikat salah satu negara maju dan modern, sangat mempedulikan tingkah laku pola pemimpinnya, termasuk dalam hal ini pemberantasan korupsi adalah tindak melanggar kode etik,” jelasnya.

Selain itu, Boyamin merasa posisi Lili di KPK tidak berguna dan tidak bermanfaat bagi KPK, sehingga mengimbau Lili untuk memundurkan diri dari jabatannya sebelum hal ini akan terus menjadi sorotan bahkan di negara lain.

“Makanya saya sekali lagim mengimbau, meminta, menuntut Bu Lili untuk segera mengundurkan diri dari KPK karena ini akan terus menjadi sorotan negara lain, dan sorotan masyarakat Indonesia juga. Karena Bu Lili itu kemudian posisinya menjadi tidak berguna dan tidak bermanfaat bagi KPK,” katanya.

Sebelumnya, Amerika Serikat merilis Laporan Praktik HAM dan masalah korupsi dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Amerika Serikat juga menyoroti kasus etik yang dilakukan Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar.(dikutip dari pantau.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed