by

Gubernur Khofifah Resmikan Pengoperasian RS Yasyfin Darussalam Ponorogo

PONOROGO – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meresmikan pengoperasian Rumah Sakit Yasyfin Darussalam milik Pondok Modern Darussalam Gontor di Kabupaten Ponorogo pada Sabtu.

Dalam pidato sambutannya, Gubernur mengatakan bahwa Rumah Sakit Yasyfin Darussalam mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Ponorogo dan sekitarnya.

Ia mengatakan bahwa selain mendukung pembangunan sektor pendidikan dan ekonomi, kini Pondok Modern Darussalam Gontor melengkapi kontribusinya dalam upaya pembangunan sumber daya manusia dengan menyediakan pelayanan kesehatan.

Human development index (indeks pembangunan manusia) melihat kita dari tiga sisi, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Dan hari ini Gontor menyempurnakan indeks pembangunan manusianya,” kata Khofifah.

Gubernur juga mengatakan bahwa pemerintah provinsi mendukung rencana Universitas Darussalam Gontor untuk mendirikan Fakultas Kedokteran.

Pemimpin Pondok Modern Darussalam Gontor Kiai Haji Hasan Abdullah Sahal berterima kasih kepada Gubernur dan mengapresiasi gerakan Tangguh Semeru yang diinisiasi oleh Gubernur untuk menjaga kesehatan masyarakat Jawa Timur.

Mengenai Rumah Sakit Yasyfin Darussalam, Kiai Haji Hasan Abdullah Sahal mengatakan,”Yang ada di sini adalah amal semuanya. Semua dokter dan tenaga yang ada di sini tidak digaji, yang ada hanya barakah. Dokter-dokter yang ada di sini amalnya lebih tinggi daripada apa yang diterima.”

Rumah Sakit Yasyfin Darussalam dibangun di kompleks Universitas Darussalam Gontor.

Pembukaan awal rumah sakit dilakukan pada 28 Agustus 2021. Sekarang rumah sakit sudah siap beroperasi penuh sebagai rumah sakit tipe D.

Rumah sakit itu menyediakan pelayanan dokter umum, dokter gigi, serta dokter spesialis bedah, penyakit dalam, jantung, anestesi, dan obstetri ginekologi.

Selain itu ada 40 tenaga perawat, sembilan bidan, serta tenaga kesehatan dan non-kesehatan lain yang mendukung penyelenggaraan pelayanan rumah sakit.

Rumah Sakit Yasyfin Darussalam memiliki unit pelayanan gawat darurat, unit perawatan intensif, radiologi, laboratorium, ruang operasi, ruang bersalin, 26 ruangan rawat inap, dan fasilitas pendukung lainnya. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed