by

Pemkab Banyuwangi Beri Tambahan Anggaran Infrastruktur Desa

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta kepada para camat untuk fokus pada program pemulihan ekonomi dan penguatan infrastruktur serta memberikan reward tambahan anggaran untuk infrastruktur di desa.

Hal ini disampaikan Bupati Ipuk saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Tahun 2023 di Kantor Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

“Ada yang berbeda pada Musrenbangcam kali ini. Meski di tengah pandemi dengan segala keterbatasan, untuk pertama kalinya kami akan memberikan alokasi PIK (pagu indikatif kecamatan) infrastruktur jalan dan PIK Kelurahan (alokasi dana kelurahan), selain PIK reguler yang telah rutin diberikan di tahun-tahun sebelumnya. Ini akan kami berlakukan mulai tahun 2023,” kata Bupati Ipuk.

Ia menjelaskan PIK infrastruktur jalan merupakan perhitungan berdasarkan realisasi Pajak Bumi Bangunan (PBB) sebelum jatuh tempo atau diberikan atas penghargaan kinerja realisasi PBB masing-masing desa.

“Kami sediakan PIK infrastruktur jalan sekitar Rp23,4 miliar bagi desa yang telah melunasi target pembayaran PBB di wilayahnya. Sudah ada 114 desa yang memenuhi syarat ini. Jadi, mereka akan mendapatkan tambahan anggaran PIK untuk tahun 2023,” ujar Ipuk.

Khusus pada tahun 2022, Pemkab Banyuwangi menargetkan sedikitnya seribu titik, baik itu pembangunan maupun perbaikan jalan. Infrastruktur akan menjadi salah satu prioritas pembangunan pada tahun ini.

“Pembangunan jalan bukan semata soal infrastruktur, melainkan juga bagian dari pemulihan ekonomi. Karena tidak hanya sekadar perbaikan jalan, tetapi juga ada dampak ekonomi turunannya,” sebut Bupati Ipuk.(ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed