by

Buyers Meet Sellers 2021, Dyah: Siap Rebut Kembali Pasar Ekspor Ikan Internasional

MAKINEWS – Gelaran “Buyers Meet Sellers” produk-produk kelautan dan perikanan melibatkan UMKM di Jawa Timur dalam suasana pandemi Covid-19, Kamis (21/10/2021), dapat dikatakan sebagai persiapan bangkit merebut pasar ekspor internasional yang sejauh ini cenderung mandeg. 

“Semoga situasi segera normal, dan kita rebut kembali pasar ekspor ke Hongkong, Singapura, Arab Saudi, Uni Eropa hingga Amerika,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Dyah Wahyu Ermawati, menjawab pers, Kamis (21/10/2021). 

Acara Buyers meet Sellers secara offline dan online di Dyandra Convention Hall, Surabaya, ini digelar dalam rangka Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur,
menurut Dyah Erma, acara ini bertujuan mempertemukan buyer (pembeli) dan seller (penjual). Selain itu ia berharap dengan acara ini dapat menjadi salah satu penanganan dan pemulihan ekonomi nasional dan menguatkan sektor distribusi pangan.

Dyah Wahyu Ermawati

Ia juga menyebut acara tersebut dimaksud membuka potensi pasar produk kelautan dan perikanan bagi pelaku UMKM di Jawa Timur.

“Seperti yang kita ketahui, produk–produk kelautan dan perikanan kita cukup beragam. Ada 389 produk dan bahkan lebih. Dari sekian ribu UMKM, maka potensi peluang usaha yang ada di Jawa Timur menjadi hal yang harus diperhatikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan,” terang Dyah.

Jadi, ini adalah rencana Dinas Kelautan dan Perikanan untuk membangkitkan para pelaku ekonomi dan juga geliat pelaku usaha perikanan nelayan dan petani ikan di hulu sehingga kita sama-sama bekerja sama,” jelasnya.

Saat ini telah tercatat sekitar 33.296 UKM yang tersebar di 38 Kota dan kabupaten di Jawa Timur. Pemprov Jatim melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menyediakan data dan informasi serta harga dan katalog produk untuk para pelaku usaha, nelayan, dan petani ikan agar lebih mudah untuk mengembangkan serta memperkenalkan produk mereka melalui Program Fish Info Jatim yang dapat di akses melalui website fishinfojatim.net.

Fish info Jatim dan UKM di dalamnya juga terhubung langsung oleh beberapa aplikasi marketplace, yakni Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli.com.

“Dengan adanya fish info ini, usaha saya semakin maju dan semakin lancar. Karena di saat tempat saya tidak ada musim ikan, saya bisa tahu dari aplikasi fish info ini jika ada ikan di tempat lain,” kata Siti Badriyah, salah satu pedagang ikan.

Acara Buyers meet Sellers itu dihadiri Ketua Kamar Dagang dan industri, Adik Dwi Putranto, Komisaris PT. Enam Delapan Sembilan, M. Afwan Dafik, City Manager Tokopedia Surabaya, Permana Dewa Putra, Sales Excecutive PT. Kelola Mina Laut, Muhammad Ikhsan, dan beberapa UMKM yang mempromosikan produk mereka secara langsung.(dur)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed