by

Pedagang Pasar Kembang Segera Direlokasi

MAKINEWS – Sementara tim Labfor dan Inafis Polda Jatim tengah menyelidiki TKP, para pedagang Pasar Kembang Surabaya yang lapaknya terbakar dipastikan tetap bisa berjualan. Sebab, Walikota Surabaya Eri Cahyadi segera memanggil pengurus PD Pasar Surya guna mengkordinasikan penyiapan tempat-tempat relokasi mereka yang terimbas kebakaran agar tetap bisa mengais rejeki.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, ketika masa PPKM sudah dilonggarkan ia bersama anggota Forkopimda akan melihat (di TKP). Bagaimana penataan maupun penyimpanan barang-barang milik pedagang di Pasar Kembang ke depannya, ia akan koordinasi dengan PD Pasar Surya. Sekarang saatnya membenahi dan mengembalikan fungsi fasilitas umum (fasum) di pasar yang terbakar.

“Terkait terbakarnya pasar kemarin, tentu saja Pemkot tengah memikirkan bagaimana penataannya ke depan. Terus sementara pedagang yang di atas akan kita relokasi kemana? Nah, kita lagi panggil PD Pasar,” kata Walikota Eri menjawab wartawan di Balai Kota Surabaya, Senin (23/8/2021).

Di kesempatan terpisah, Humas PD Pasar Surya Jaini menuturkan, tiga tempat akan dipersiapkan sebagai relokasi para pedagang Pasar Kembang, yakni di Pasar Babakan, Pasar Tambak Rejo, di kawasan kantor PD Pasar Surya, juga alternatif di Pasar Inpres Rungkut. “Untuk jumlah pedagang yang akan direlokasi kami masih menunggu hasil penyidikan pihak kepolisian,” kata Jaini di kantor Humas Pemkot Surabaya.

Ia melanjutkan, saat ini yang bisa segera relokasi tentu saja pedagang yang ada di lantai 2 Pasar Kembang. Soalnya, lapak di lantai 2 memang kondisinya paling parah setelah terjadi kebakaran hebat kemarin.

“Ada sekitar 200 loss lapak para pedagang di lantai 2. Ada satu pedagang yang punya dua loss lapak, bahkan lebih,” ungkapnya sembari merinci, lapak pedagang di lantai 2 yang terbakar kemarin mayoritas jualannya grosir jajanan basah. Namun ada juga yang berjualan konveksi, sepatu, serta warung makanan.

PD Pasar Surya, lanjutnya, saat ini fokus dalam membantu para pedagang untuk bisa terus berjualan. Sembari penyelidikan petugas masih berlangsung, para pedagang harus dipastikan tetap bisa berjualan. “Jumlah yang direlokasi nantinya bisa lebih, karena yang di lantai 1 masih didata. Kemungkinan ada tambahan lagi,” imbuhnya.

Sedangkan untuk para pedagang di lantai 2 yang terimbas kebakaran, saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi dengan paguyuban pedagang untuk dilakukan relokasi agar mereka masih bisa berjualan.

“Khusus untuk lantai 2 butuh waktu agak lama untuk perbaikan. Mungkin kita fokus pedagang di lantai 1. Dan untuk pedagang di lantai 2 kita harapkan untuk direlokasi baik di sini maupun di tempat lain. Rencana Pasar Inpres Bratang, Pasar Babakan lantai 2 dan Pasar Tunjungan. Itu pun kalau pedagang berkenan,” pungkasnya. (dur)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed