by

HUT ke-44 Dinas Perkebunan Ditandai Khotmil Qur’an, Karyadi Baca 1 Juz

-Berita-124 views

MAKINEWS – Lantunan ayat-ayat suci Al Quran menggema di kantor Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur (Jatim), Jalan Gayung Kebonsari 171 Surabaya, Senin (9/8/2021). Acara Khotmil Qur’an dipusatkan di Lantai 3 (Tebu Room) berlangsung dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Diikuti karyawan/karyawati secara daring di ruang-ruang kantor itu, serta di rumah-rumah ASN yang sedang bekerja dari rumah (WFH).

Praktis hanya kegiatan ritual itulah yang dihajatkan untuk menandai momentum HUT Dinas Perkebunan Jatim ke-44 (9 Agustus 1977 – 9 Agustus 2021).

“Tidak apa-apa. HUT Perkebunan kali ini berlangsung sederhana. Maaf, nggak bisa potong tumpeng. Kalau pakai potong tumpeng segala, tentu nanti kita makan bersama. Jangan! Kita jaga dengan prokes ketat, kita mesti hati-hati,” ungkap Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jatim, Ir. Karyadi, MM, Senin (9/8/2021).

Bertepatan dengan masa sulit, pandemi Covid-19 yang belum juga menurun intensitasnya, Dinas Perkebunan Jatim mengambil tema Baldatun thoyyibatun warobbun ghofur yang dalam falsafah Jawa juga memiliki makna “Gemah ripah loh jinawi” dalam peringatan HUT dinasnya kali ini. Maka itu dipilih ritual “Khotmil Quran”, pembacaan 30 juz Al-Qur’an secara kolektif dalam waktu bersamaan.

Ir. Karyadi

Ir. Karyadi memulai ritual itu dengan membaca ummul kitab Al-Fatihah, yang dilanjutkan dengan menyelesaikan satu juz: QS Al-Baqarah (Sapi Betina).

Seusai ritual tersebut, Karyadi menekankan agar para karyawannya tetap sabar dan selalu menjaga kesehatan dengan protokol ketat dalam kondisi sulit ini.

“Saya mengapresiasi seluruh karyawan/karyawati Perkebunan Jawa Timur yang selalu semangat dan sehat, untuk tetap menjaga komitmennya dalam bekerja. Saya ingin setiap ASN melaksanakan betul protokol kesehatan secara optimal. Jangan ada yang sampai membuka masker. Kalau tidak betah, keluar saja dari ruangan ini,” katanya memberikan pengarahan seusai khotmil Qur’an.

Selain itu, sambung Karyadi, momentum HUT Dinas Perkebunan harus menjadi pemicu agar setiap karyawan terus meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam bekerja. Sebab, ke depan tantangan dunia Perkebunan semakin kompetitif.

“Saya mengingatkan bahwa tugas kita makin berat, program-program yang kita canangkan tahun ini jauh lebih besar tanggung-jawabnya,” katanya lagi.

HUT Dinas Perkebunan Jatim juga diwarnai penyerahan santunan kepada tujuh orang karyawan. Mulai dari petugas cleaning service, petugas jaga kantor, sopir, dan lainnya. (feb)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed