by

MAKI Bagi Daging Kurban di Jalan Raya

-Berita-68 views

Lembaga MAKI (Masyarakat Anti Korupsi Indonesia) Korwil Jatim sengaja tak mendata siapa saja yang menjadi sasaran penerima pembagian daging kurban pada momentum Hari Raya Idul Adha 1442 H kali ini.

“Sasaran kami adalah kaum papa yang beraktifitas di jalan raya, yang terabaikan dari euphoria perayaan Idul Adha,” kata Ketua MAKI Jatim, Heru Satrio, S.I.P., Selasa (20/7) kemarin.

Usai pelaksaaan shalat Ied, seekor sapi dan domba disembelih di markas MAKI di Perumahan Permata Juanda, Sedati, Sidoarjo.

Ada yang tak biasa dalam prosesi penyembelihan hewan kurban sejauh ini. Meski sapi Bali yang disembelih terbilang besar tetapi setelah dirobohkan dan disembelih, sapi berkulit cokelat itu tak sempat lagi berontak. Soalnya, sejumlah lelaki duduk dan memegangi tubuh sapi yang sudah tak berdaya, sembari melantunkan kalimat takbir, tahlil dan tahmid berulang kali.

Heru Satriyo (tengah, pakai sarung) ikut membagikan daging kurban.

Begitulah tradisi di MAKI Jatim. Penyembelihan hewan kurban dari tahun ke tahun dilakukan sendiri semuanya di markas lembaga tersebut. Selanjutnya ditimbang dagingnya masing-amsing 2,5 kg, dan di-packing besek bambu.

Setelah selesai, puluhan paket daging kurban dinaikkan semua ke mobil pick up. “Kami, para personel pengurus dan simpatisan MAKI ramai-ramai naik pick up, keliling membagikan dagingnya kepada kaum papa yang selama ini beraktivitas di jalan-jalan raya,” papar Heru.

Mereka itu tak lain para orang sipil yang atas kemauannya sendiri membantu mengatur lalu-lintas, menyeberangkan orang saat lalu-lintas padat. Juga para penyapu jalan, petugas parkir, tukang tambal ban, serta semua yang beraktifitas di jalan raya yang luput dari perhatian kalangan panitia pembagian daging kurban di masjid-mushala atau instansi pemerintah. (dur)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed