by

Di Sidoarjo Pemprov Jatim Sediakan Layanan Isi Ulang Oksigen Gratis

SIDOARJO – Pemprov Jawa Timur menyediakan layanan pengisian medis gratis bagi masyarakat Sidoarjo yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Pengisian oksigen gratis tersebut bertempat di kantor UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Sidoarjo, Jalan Pahlawan Sidoarjo.

Setidaknya, dalam satu bulan ke depan, warga Kota Delta bisa memanfaatkan layanan ini. Warga cukup membawa tabung oksigen ukuran 1 m3  dan foto copi surat keterangan positif covid-19 keluarga mereka. Layanan yang dibuka mulai pukul 09.00 hingga 21.30 WIB tersebut bukan hanya untuk warga isoman saja, namun juga untuk ambulans yang sedang beroperasi membawa pasien Covid-19.

“Di Sidoarjo, Pemprov Jatim menyediakan oksigen gratis sebanyak 500 meter kubik per hari. Artinya ada kuota 500 tabung oksigen ukuran 1 meter kubik. Satu orang maksimal bisa mengisi dua tabung per hari. Namun bila ternyata masih kurang karena banyaknya permintaan, kapasitasnya bisa ditambah,” ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ketika meninjau posko pengisian oksigen gratis di UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Sidoarjo, Senin (19/7) kemarin.

Dia mengatakan, layanan pengisian oksigen gratis ini tidak hanya bisa dinikmati oleh warga Kota Delta saja, namun warga Surabaya, Mojokerto, Pasuruan yang bersebelahan dengan Sidoarjo bisa juga memanfaatkannya.

“Kami juga mengimbau kepada Pemerintah Daerah Sidoarjo agar meningkatkan dan mempercepat vaksinasi untuk warganya. Kalau perlu digelar dua kali dalam sehari,” imbuhnya.

Rofik, warga Sepanjang, Kecamatan Taman, mengatakan sangat bersyukur ada layanan pengisian oksigen gratis ini. “Lumayan bisa menghemat. Saya mengeluarkan dana Rp 55 ribu per tabung. Biasanya saya mengisi di daerah Larangan, Candi. Oksigen ini untuk perawatan keponakan saya di Desa Bluru, Sidoarjo Kota,” ujarnya.

Sejatinya, Rofik membutuhkan tambahan satu tabung oksigen lagi. “Kalau satu tabung hanya bisa digunakan selama sekitar 10 jam saja. Saya sudah cari ke mana-mana tetapi tidak ada. Kalaupun ada harganya sangat mahal,” ucapnya.

Lain lagi yang dikatakan Hanifah, warga Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo Kota. Selama ini dia kesulitan mengisi tabung oksigen untuk perawatan kakak kandung, Sunariyah. “Saya bingung keliling Sidoarjo mengisi oksigen untuk kakak saya tapi tidak ketemu. Saya tadi lewat sini kok rame-rame. Ternyata ada layanan pengisian oksigen gratis. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali,” kata Hanifah. (Adh)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed